Warga Jakarta Terancam Tak Bisa Salat Idul Fitri di Masjid atau di Lapangan
Umat muslim melaksanakan salat Idul Adha di jalan raya di kawasan jalan Pramuka, Jakarta. Foto: WILLY KURNIAWAN/REUTERS

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran terkait penyelenggaraan Salat Idul Fitri 2021. Dalam surat itu, penyelenggaraan Salat Idul Fitri ditentukan lewat zona penyebaran corona.

Gus Yaqut mengizinkan salat Idul Fitri digelar di masjid atau lapangan terbuka. Dengan catatan daerah setempat dalam status zona hijau atau zona kuning.

Sementara zona oranye dan zona merah dilarang menggelar salat Idul Fitri secara berjemaah di luar rumah.

Warga Jakarta Terancam Tak Bisa Salat Idul Fitri di Masjid atau di Lapangan (1)
Umat Islam melaksanakan salat tarawih berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (12/4). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

"Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M di daerah yang mengalami tingkat penyebaran COVID-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar dilakukan di rumah masing-masing. Sejalan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia dan ormas-ormas Islam lainnya," dikutip dari Surat Edaran Nomor 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi COVID.

Dengan aturan ini, wilayah Jakarta terancam tak bisa menggelar salat Idul Fitri tahun ini secara berjemaah di masjid atau lapangan terbuka. Sebab, dalam data Satgas COVID-19 pusat, lima wilayah kota Jakarta saat ini ada dalam status zona oranye atau risiko sedang.

Warga Jakarta Terancam Tak Bisa Salat Idul Fitri di Masjid atau di Lapangan (2)
Zona corona di Jakarta. Foto: Satgas COVID-19

Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara seluruhnya ada di zona oranye hari ini. Hanya Kepulauan Seribu yang berstatus zona kuning atau risiko rendah.

Sampai saat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang belum menerbitkan panduan atau tata cara penyelenggaraan salat Idul Fitri. Tahun lalu, semua penyelenggaraan salat dilaksanakan di rumah mengikuti panduan dari MUI.

Warga Jakarta Terancam Tak Bisa Salat Idul Fitri di Masjid atau di Lapangan (3)
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri Pengukuhan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta Masa Khidmat 2020 - 2025. Foto: PPID DKI Jakarta

Namun, tahun ini, Anies membuka kemungkinan untuk mengatur adanya salat Idul Fitri di area terbuka. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Id di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya," kata Anies dalam keterangannya, Senin (3/5).

Selama masa PPKM Mikro hingga 17 Mei 2021, Jakarta saat ini diizinkan menggelar ibadah di masjid. Ketentuannya dengan pembatasan kapasitas maksimal 50% dan protokol kesehatan lainnya.