WN Italia yang Jadi Pengemis di Bali Segera Dideportasi
WN Italia, HR Albani Roberto (75) mengemis karena usahanya bangkrut di tengah pandemi COVID-19. Foto: Dok. Istimewa

WN Italia bernama HR Albani Roberto (75) yang ditemukan mengemis di kawasan Kuta, Badung, Bali, segera dideportasi. Ia kini sudah ditempatkan di ruang detensi Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

"Kita akan lakukan deportasi, sambil menunggu proses pembuatan paspor, yang bersangkutan kita titipkan di ruang detensi Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai," kata Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Putu Suhendra Tresnadita, saat dihubungi, Jumat (7/5).

Roberto yang mengemis dinilai melanggar Pasal 32 ayat 1 Perda No 7 Tahun 2016 tentang ketertiban umum. Dari sisi keimigrasian, masa izin tinggal Roberto telah habis sejak tahun 2020 lalu. Ia melanggar Pasal 75 ayat 1 UU nomor 6 Tahun 2011 Pasal 75 ayat 1 tentang Keimigrasian.

Roberto juga sudah dijenguk oleh pihak konsulat pada Kamis (6/5). kemarin. Pihak konsulat mendukung pendeportasian Roberto.

"Jadi sudah pantas dilakukan itu (dideportasi)," jelasnya.

Roberto menjadi pengemis di Bali akibat pandemi virus corona. Usaha di bidang seni miliknya bangkrut. Dia tidur di emperan toko di kawasan Kuta yang juga tutup selama pandemi corona. Dia berharap sedekah dari warga untuk bertahan hidup.